Thursday 1 March 2018

Filosofi

Nah.. ketika mendengar kata diatas, apa yang kalian bayangkan? Tanaman tanaman yang bergoyang ditiup angin? Burung2 berterbangan dan hinggap di dahan pohon? Atau seseorang yang sedang menunduk menyahuti rumput yang mulai meninggi? 
Sangat familiar sekali apa yang kalian bayangkan.. akan tetapi lebih dari itu.. semua yang kalian bayangkan hanya segelintir bayangan yang langsung tertangkap oleh memori dikotak kalian yang kalian simpan sewaktu melewati perladangan dipinggir jalan.. kebun lebih dari itu.. bagi orang yang sangat suka bertani, menanam dikebumikan adalah anugrah dari Tuhan yang mereka rasakan.  Sebuah kegiatan yang dapat menopang kehidupan mereka yang sangat bergantung pada pertanian.. bagi mereka kebun adalah sumber kehidupan yang selalu mereka banggakan dan bayangkan untuk hari esok. Sumber mata pencaharian, lelah pun tak mereka rasakan. Panas hujan mereka anggap sebagai penyejuk dan penghangat tubuh mereka disaat mereka membutuhkan. Banyak orang yang tidak tau apa itu makna berkebun yang sesungguhnya.. taukah kalian bahwa berkebun adalah suatu pelajaran yang dapat membuat seseorang menjadi lebih terpelajar, kalian pasti pernah mendengar " belajar bisa dari mana saja" ?
Salah satunya adalah berkebun.
Lalu apa yang kalian bayangkan? Pasti cuma menanam biji, menyirami dan tanaman tumbuh dan besar karena tersiram oleh air hujan? Tapi kenyataannya tidak. Iya tidak, mengapa tidak,? Karena tak semua tanaman semudah itu tumbuh dengan sendirinya.. mungkin Tuhan telah memberikan kemudahan dengan adanya tanah dan matahari untuk tumbuhan berkembang. Namun ini lah sesuatu yang bisa kalian pelajari, bahwa tanaman pun membutuhkan perawatan yang tidak semudah kalian bayangkan. Untuk mendapatkan sesuatu tentunya butuh perjuangan yang keras dan melelahkan. Seperti untuk mendapatkan jagung yang besar dan manis, apakah semudah kita menanamkan biji jagung diranah lalu disiram dan tumbuh besar dan berbuah? Buktikan sendiri! Jika memang itu berhasil mendapatkan jagung yang bagus dan baik!
Apakah anda berhasil? Sesungguhnya tidak sesederhana itu, menanam jagung memiliki beberapa tehnik agar mendapatkan jagung yang berkualitas. Bukan hanya jagung saja, berlaku pada seluruh tanaman yang ada di bumi. Mereka membutuhkan proses yang baik untuk tumbuh dengan baik dan bagus. Itulah filosofi kebun yang saya ketahui dari beberapa hal yang telah saya perhatikan dari alam yang sudah saya lihat

No comments:

Post a Comment

cara update grab driver versi terbaru

Yoman...salam satu aspal... Yap.. kalian mau update versi grab driver kalian ke yang terbaru? Masih bingung?? Nah ikuti aja step2 dibawah i...